Muhlisinobee

Wong Ndeso Mabur neng Negorone Taekwondo

Namsan Tower (Seoul-N Tower)

leave a comment »

Namsan tower dikenal sebagai salah satu icon atau landmark-nya Korea selatan khususnya Seoul. Terletak di sebuah bukit (bukit Namsan, dan dari nama bukit inilah nama “Namsan tower” berasal) yang berada tepat di jantung kota seoul, Namsan tower merupakan salah satu obyek wisata yang harus dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Seoul. Karena terletak di pusat kota, Namsan tower sangat mudah dijangkau dari beberapa tempat tujuan wisata utama kota Seoul, seperti Seoul Myongdong dan Namdaemun.

(Namsan Tower)

Karena berada di atas bukit, untuk sampai ke Namsan tower tidaklah mudah, karena kita harus mendaki bukit yang cukup tinggi. Tapi, bukan Korea namanya kalau tidak bisa mengatasi kesulitan itu, dan mengemas sedemikian rupa, sehingga yang awalnya naik ke Namsan butuh usaha keras, kini justru malah menjadi daya tarik tersendiri. Untuk bisa sampai ke Namsan tower, ada beberapa alternative cara yang bisa ditempuh. Bisa menggunakan bis atau taksi dari beberapa tempat yang berada di bawah Namsan tower, meskipun tidak bisa sampai langsung di depan Namsan tower, tetapi bis, taksi atau mungkin mobil-mobil pribadi lainnya bisa naik hingga sekitar 100 meter dari Namsan tower. Saya pribadi belum pernah menggunakan bis, tetapi saya pernah memakai taksi hingga shelter terdekat dengan namsan. Tentu saja, karena dengan taksi relative lebih nyaman, kita juga harus merogoh kocek lebih dalam. mungkin sekitar 5000 won dari Myongdong.

Selain dengan taksi, ada cara spesial yang menjadi ciri khas Namsan tower, yaitu kereta gantung. Dengan berjalan naik sekitar 200m dari Myongdong (dari pintu utama Myongdong, dekat Uniqlo, menyeberang jalan, kemudian langsung naik ke arah Namsan melalui jalan kecil), kita bisa menemukan stasiun kereta gantung. Dengan membayar 10.000 won, kita bisa merasakan sensasi naik kereta gantung di atas kota Seoul, meskipun todak lama, tidak sampai 10 menit. Tiket kereta gantung ini berlaku untuk naik-turun. Apabila kita beruntung, kita bisa langsung naik kereta ini tanpa harus menunggu lama, akan tetapi tidak jarang kita harus menunggu hampir 30 menit untuk bisa menaiki-nya.

(Kiri: Stasiun kereta gantung, kanan: Kereta gantung)

Untuk anda yang suka mendaki gunung, suka berolah raga, atau hanya sekedar ingin menghemat pengularan, naik ke namsan tower dengan berjalan kaki juga tidak kalah menyenangkan. Dari stasiun kereta gantung, kita hanya perlu menyeberang jalan dan mengikuti jalan pendakian yang sudah disiapkan. Bukan korea namanya, kalau mereka tidak bisa mengemas trek pendakian dengan baik. Jalannya halus pada awalnya (aspal), yang kemudian diikuti dengan tangga. Jangan khawatir semua papan petunjuk disiapkan dengan baik, sehingga tidak mungkin tersesat. Dari Myeongdong, mungkin bisa memakan waktu 30menit sampai 1 jam, tergantung kecepatan berjalan. Saya pribadi sangat menikmati alternative yang ketiga ini. Naik ke Namsan tower melalui jalur pendakian, kita bisa menikmati pemandangan kota Seoul selama penanjakan. Sangat direkomendasikan untuk naik mendaki pada musim gugur. Meskipun agak dingin, tetapi dengan mendaki pada saat musim gugur, kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah, dengan daun berwarna-warni khas musim dingin.

(Dari kiri ke kanan: 1) Kereta gantung dilihat dari bawah pohon mapple, 2) Tangga jalur pendakian, 3) Warna-warni indah di kanan kiri jalur pendakian, dan banyaknya para pendaki gunung, 4) Pemandangan kota seoul).

Secara garis besar, Namsan tower ini dibagi ke dalam 2 bagian, yaitu bagian bawah (dasar) dan bagian puncak (observatorium). Di bagian dasar terdapat Korean restaurant, cafe, serta beberapa toko souvenir. Di samping kanan dan kiri Namsan tower, terdapat banyak sekali gembok, gantungan kunci, dengan berbagai bentuk, termasuk bentuk hati dengan warna dan ukuran beragam. Di sini memang disediakan space bagi para pengunjung untuk menggantungkan gembok dan gantungan hati, tidak hanya itu pengunjung juga bisa menuliskan kata-kata sesuai keinginan mereka. Bisa sebagai bentuk kenang-kenangan kalau pernah mengunjungi tempat tersebut, atau bahkan sebagai ungkapan tanda cinta kepada pasangan masing-masing. Pada tahun 2009, space untuk gembok kunci hanya ada di sebelah kanan Namsan Tower, tetapi karena semakin banyak pengunjung yang ingin menggantungkan gembok dan gantungan bentuk hati, pengelola namsan menambahkan space untuk gantungan ini di sebelah kiri dengan bentuk pohon cemara. Jangan khawatir, apabila anda ingin menggantungkan gembok dan gantungan hati, tetapi anda lupa untuk membawa sendiri, anda bisa membelinya di counter sovenir di lantai bawah, dengan harga sekitar 5000 won untuk gantungan hati. Untuk menuliskan, anda juga bisa membeli pen warna-warni di toko tersebut.

(Dari kiri ke kanan: 1) Space untuk menggantungkan kunci gembok dan kursi khas Namsan, 2) Gembok dan gantungan bentuk hati lengkap dengan kata-katanya, 3) Close up gantungan bentuk hati lengkap dengan kata-katanya, 4) Free performance yang sering ada di teras depan Namsan tower).

Bagian atas adri Namsan tower, menurut saya merupakan bagian yang paling menarik. Serasa belum ke Namsan tower kalau belum naik ke observatorium. Dengan membayar 8000 won untuk dewasa, 3000 won untuk anak-anak, dan 5000 won untuk manula, kita bisa naik ke observatorium dengan menggunakan elevator dan bisa menikmati pemandangan kota Seoul. Salah satu hal yang menarik ketika kita berada di observatorium adalah, karena bentuknya yang bulat, hampir di setiap sisi kaca terpampang tulisan beberapa kota besar yang ada di dunia termasuk jarak kota tersebut dari kota seoul. Tulisan kota tersebut, ditempatkan melingkar, sesuai dengan arah kota dari Namsan tower. Biasanya, para wisatawan asing yang datang ke Namsan tower akan berfoto di depan tulisan kota mereka. Selain itu, di dalam observatorium bisa kita temukan pula toko souvenir yang menjual barang-barang khas namsan. Apabila, rasa lapar datang saat anda menikmati observatorium, satu lantai di bawah observatorium terdapat sebuah restoran yang terlihat eksklusif. Selain itu, di salah satu sisi dinding di bagian tengah, anda bisa menempelkan kotak kayu di dinding dengan sebelumnya menuliskan kata-kata seperti halnya yang bisa dilakukan pada gembok dan gantungan hati. Anda bisa membeli papan kayu tersebut di dalam toko souvenir yang ada di dalam observatorium. Cukup mahal memang, 8000 won untuk satu kotaknya. Setelah anda di observatorium, jangan langsung bergegas untuk turun, nikmati waktu sepuasnya. Nikmati pemandangan kota di semua penjuru mata angin.

(Dari kiri ke kanan: 1) Gate untuk masuk ke elevator dan naik ke observatorium, 2) Pemandangan kota Seoul dari observatorium, 3) Tulisan negara, kota dan jaraknya dari Namsan tower. Tulisan ini melingkar di penjuru dinding kaca observatorium, 4) Stiker kayu kotak lengkap dengan tulisan).

(Namsan tower dilihat dari bawah saat musim gugur)